Berbagi pengetahuan seputar ilmu Al Qur'an

Minggu, 07 Januari 2018

Cara Membaca Bacaan Isymam Dalam Al Qur'an

Cara Membaca Bacaan Isymam Dalam Al Qur'an

Cara Membaca Bacaan Isymam Dalam Al Qur'an

Al Qur'an merupakan kitab bagi umat Islam yang perlu dibaca, dikaji, dan diamalakan dalam kehidupan sehari-hari. Di dalam Al Qur'an terdapat berbagai macam bacaan yang perlu diketahui oleh seorang pembaca dan sehingga diharapkan seorang qori bisa membacakan ayat Al Qur'an dengan baik dan benar sesuai dengan kaidah tajwid yang berlaku.

Dalam kitab Gharib salah satu bacaan yang asing di dalam Al Qur'an adalah bacaan Isymam. Bacaan Isymam menurut Imam Hafs di dalam Al Qur'an hanya ada satu, yaitu terletak pada surat Yusuf juz 12 Ayat 11. Bagaiamana cara membaca Isymam? Nah pada artikel kali ini akan dibahas mengenai bacaan Isymam dan cara membacanya.

Kata  الْإِشْمَامُ  berasal dari bahasa arab yang artinya mecucu, yang mana secara umum pada saat membaca bacaan Isymam ini posisi bibir harus mecucu. Adapun lafadz bacaan Isymam adalah لَاتَأْمَنْنَا.

قَالُوْا يَٓااَبَانَامَالَكَ لَاتَأْمَنَّــــــاعَلٰى يُوْسُفَ وَاِنَّا لَهٗ لَنَاصِحُوْنَ

Cara membaca bacaan Isymam adalah ditekankan pada lafadz "man", lafadz "man" tersebut merupakan bacaan ghunnah yang dibaca dengan posisi bibir mringis, mecucu, mringis. 

Demikianlah artikel Cara Membaca Bacaan Isymam Dalam Al Qur'an, semoga bermanfaat bagi pembaca dan penulis.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Membaca Bacaan Isymam Dalam Al Qur'an

0 comments:

Posting Komentar